Kamis, 24 Mei 2012

auto news

Jerman Kembangkan Tapak Ban yang Dapat Berubah-ubah
Penulis :Rahmat
Jerman Kembangkan Tapak Ban yang Dapat Berubah ubah trevorpearson.com
BAN memiliki hingga 20 senyawa karet dengan konstruksi yang sangat dirahasiakan oleh produsennya. Oleh karena itu, ada ungkapan lebih mudah mengunjungi istana negara ketimbang melongok pabrik ban.

Sejenis ban baru tengah dikembangkan oleh tim insinyur Jerman di Universitas Leipzig yang akan menjadi sebuah lompatan besar di dalam teknologi ban dengan memasukkan unsur-unsur yang dapat berubah yang dapat mengubah bentuk ban saat Anda tengah mengemudi.

Para insinyur Jerman tersebut memasukkan berbagai unsur seperti flexible actuators, piezo-ceramic actuators, shape memory alloys dan 'material pintar' yang mengumpulkan dan memproses informasi pada permukaan jalan serta kondisi cuaca.

Informasi tersebut kemudian dimanfaatkan untuk mengubah bentuk pola tapak ban untuk mengoptimalkan performa sambil berjalan, yang berarti dapat meningkatkan blok-blok tapak ban. Persis seperti dalam film-film fiksi ilmiah berbau masa depan.

Seperti yang dikatakan oleh profesor yang memimpin proyek ini, "Pengendara tidak lagi harus berpikir mengganti ban untuk menyesuaikan kondisi. Ban itu sendiri yang akan memikirkan hal itu."

Bagi jutaan pengemudi, mendengar ban yang dapat digunakan untuk segala medan, segala musim dan performa tinggi akan menjadi sesuatu yang sangat baik. Para insinyur tersebut telah mematenkan ciptaan mereka dan memamerkan sebuah prototipe di Hanover Fair, Jerman.

Kita berharap, teknologi itu akan segera bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Tentu juga dengan harapan harganya tetap masuk akal. Bukankah begitu? (OL-07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon masukannya ya..........!!!!!!!!!!!!!!!