Kamis, 24 Mei 2012

AUTO NEWS




Mazda dan Fiat Bekerjasama untuk Membuat Roadster
Penulis :Rahmat

Mazda dan Fiat Bekerjasama untuk Membuat Roadster motori24.ilsole24ore.com
PRODUSEN mobil Italia Fiat Group dan Mazda Motor Corporation Jepang mengumumkan rencana untuk mengembangkan dan membuat roadster baru untuk merek Mazda dan Alfa Romeo.

Roadster Alfa Romeo akan meluncurkan roadster ke pasar global dan Eropa serta Amerika Serikat mulai 2015. Mobil tersebut akan dibuat di pabrik Mazda Jepang di Hiroshima. Model tersebut juga akan menjadi generasi penerus Mazda MX-5/Miata yang akan memiliki desain yang berbeda dengan Alfa Romeo.

Kedua perusahaan menyatakan, saat ini para insinyur dari kedua perusahaan tengah mempelajari cara membuat kendaraan yang akan menjadi sebuah roadster berpenggerak roda belakang dengan desain berbeda dan bisa mengusung identitas masing-masing merek. Mobil itu sendiri akan dibuat dengan basis arsitektur Mazda Mx-5.

Fiat dan Mazda tengah membahas soal kerjasama lebih lanjut di Eropa. Televisi NHK Jepang melaporkan bahwa kedua produsen mobil tengah membahas sebuah kemitraan untuk memperluas jaringan penjualan global.

"Membangun teknologi dan aliansi pengembangan produk merupakan salah satu tujuan Mazda dan ini adalah langkah awal yang penting bersama Fiat," ujar CEO Mazda Takashi Yamnouchi dalam sebuah pernyataan bersama.

"Ini akan menjadi sangat menarik bisa berkolaborasi dengan merek bergengsi seperti Alfa Romeo pada sebuah roadster baru yang berbasis pada generasi penerus MX-5," sambungnya.

Hal senada diungkapkan oleh CEO Fiat Sergio Marchionne. "Kesepakatan ini jelas menunjukkan komitmen kami terhadap Alfa Romeo dan tekad untuk tumbuh menjadi sebuah merek global," ujarnya.

Marchionne mengatakan bahwa dengan bermitra dengan Mazda, Alfa Romeo berarti akan bekerjasama dengan pemimpin di segmen arsitektur kendaraan kompak berpenggerak roda belakang yang telah diakui untuk menciptakan sebuah roadster bergaya bagi Alfa Romeo.

Kesepakatan ini juga akan membuka jalan bagi Mazda untuk memperluas penjualannya di Eropa melalui Fiat sebagai upaya Mazda mengakhiri kerugian. Bagi Fiat sendiri, kesepakatan ini dapat membantu perusahaan mendapatkan akses ke mesin-mesin Mazda dan teknologi bahan ringan.

"Mazda memiliki produk dan teknologi bagus, namun tidak sepenuhnya menghasilkan keuntungan aktual dari teknologi yang ia miliki," ujar Kohei Takahashi, seorang pengamat dari JPMorgan Chase & Co yag berkedudukan di Tokyo. "Memang sebaiknya Mazda memiliki aliansi dengan perusahaan lain," ungkapnya.

Marchionne dan Yamanouchi mengatakan mereka berupaya membangun aliansi baru untuk bisa saling berbagi beban biaya penelitian dan pengembangan.

Yamanouchi juga telah menandatangani kesepakatan dengan Toyota Motor Corporation dalam pengembangan teknologi hybrid. Dan tahun lalu, Mazda mulai memasok Mazda5 ke Nissan Motor Co yang akan dijual sebagai minivan kompak dengan merek Nissan di pasar Jepang.

Yamanouchi juga berniat mulai menjual mesin-mesin hemat bahan bakar SyAktiv Mazda, transmisi dan teknologi bodi ke produsen-produsen mobil lainnya. (OL-07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon masukannya ya..........!!!!!!!!!!!!!!!