Sabtu, 09 Juni 2012

Peranan KOLAM AIR DALAM PEMELIHARAAN ITIK

Peranan KOLAM AIR DALAM PEMELIHARAAN ITIK

kolam air di peternakan itik yang dipelhiara secara intensif sangat perlu. kolam dengan kedalaman air 0,25 m dan kapasitas luas 1 meter persegi untuk 6 ekor itik sudah cukup efektif dan efisien. sebaiknya kolam air dibuat dari semen agar tidak memboroskan tenaga untuk mengisi air, selain menghindari kesulitan pengadaan air di musim kemarau.
lokasi peternakan yang dekat dengan sungai akan lebih menguntungkan karena kolam bisa dihubungkan dengan sungai melalui sipon (gorong-gorong) sehingga air bisa mengalir juga memberi kesempatan pada itik memperoleh makanan tambahan yang terbawa aliran sungai. bila air sungai tidak sehat, misalnya tercemar limbah buangan industri atau zat-zat kimia, jangan digunakan karena sangat berbahaya bagi kesehatan ternah itik.
pemeliharaan itik secara intensif tanpa kolam atau dengan kolam sampai sekarang memang ramai dibicarakan dalam penelitian.
laporan dari Achmad Gozali (1979) dan A Lasmini (1985) suatu pengamatan melaporkan bahwa penggunaan kolam air sedalam 0,25 meter yang sebelumnya dikeringkan dan diberi pupuk menghasilkan itik yang berkemampuan produksi telur rata-rata 60 persen. pupuk kolam yang dipergunakan antara lain bekatul, litter kandang itik, pupuk urea dan TSP. jumlah yang dijadikan sampel pengamatan adalah 120 ekor dimana terdiri dari 90 ekor itik Tegal berbulu branjangan dan 30 ekor berbulu "jarakan".

Sedangkan lasmini (1985) yang melakukan penelitian di Balai Penelitian ternak Bogor yang meneliti 160 ekor itik alabio yang dibagi menjadi 2 kelompok dan diberi makanan ad libitum produksi PT Charoen Pokphand dan itik mulai berproduksi pada usia 22 minggu. dari pengamatan selama 12 minggu produksi diketahui bahwa presentase produksi telur itik yang dipelihara tanpa kolam air lebih tinggi dari itik yang dipelihara dengan menggunakan kolam air walau itik yang dipelihara dengan kolam air terlihat lebih segar bila dibandingkan itik yang dipelihara tanpa kolam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon masukannya ya..........!!!!!!!!!!!!!!!